Jumat, 21 Oktober 2011

Analisis Khalayak Public Relation pada Perusahaan dan Organisasi

Khalayak Public Relations Perusahaan Makanan Jadi
Untuk sebuah perusahaan makan jadi, pihak-pihak yang menjadi khalaknya antara lain:
  1. Para pegawai dan karyawan profesional yang tergabung dalam perusahaan makanan jadi.
  2. Para selektor berikut persyaratan calon karyawan baru yang akan masuk ke dalam perusahaan makanan jadi.
  3. Para pemasok bahan baku utama produksi makanan jadi.
  4. Rekanan perusahaan, anak cabang, dan lembaga penting lain yang berperan aktif membantu perusahaan makanan jadi.
  5. Agen distributor dan pemasaran makanan jadi.
  6. Agen jasa transportasi yang digunakan perusahaan makanan jadi sebagai sarana supply product.
  7. Para ahli pemerhati berikut penampung keluhan pelanggan.
  8. Badan penguji standarisasi produk makanan jadi (BPOM), Majelis Ulama Indonesia, dan Badan lain yang berkaitan, lembaga kesehatan misalnya.
  9. Pihak sponsor penyandang dana bonus dan hadiah bagi pelanggan.
  10. Media periklanan sarana publikasi dan pemasaran meliputi: media cetak, elektronik, dan internet (website, email, jejaring sosial, etc).

Khalayak Public Relation Organisasi Kepemudaan Sosial Kemasyarakata
Untuk sebuah organisasi kepemudaan sosial kemasyarakatan , pihak-pihak yang menjadi khalaknya antara lain:
  1. Para pengurus organisasi, keanggotaan dan kaderisasi organisasi sosial kemasyarakatan.
  2. Para anggota organisasi kepemudaan sosial kemasyarakatan.
  3. Para peneliti dan pengembang organisasi kepemudaan sosial kemasyarakatan.
  4. Perwakilan kemahasiswaan dan kepemudaan.
  5. Pengamat komunikasi dan hubungan internasional.
  6. Pengamat perundang-undangan dan advokasi masyarakat.
  7. Pemerhati seni budaya dan olahraga.
  8. Perwakilan tokoh kerohanian dan spiritual.
  9. Para penyumbang opini bagi wacana anggota.
  10. Perwakilan tokoh masyarakat.
  11. Perwakilan instansi terkait desa, kecamatan, kabupaten.
  12. Perwakilan tokoh muda dari masyarakat.
  13. Perwakilan media massa, cetak, elektronik, dan internet (website, email, jejaring sosial, etc).

Khalayak Publik Relations Perusahaan Pembuat Kendaraan Bermotor
Untuk sebuah perusahaan pembuat kendaraan bermotor, pihak-pihak yang menjadi khalaknya antara lain:
  1. Rekanan perusahaan otomotif lainnya penyokong perusahaan kendaraan bermotor.
  2. Rekanan perusahaan tambang penyokong perakitan kendaraan bermotor. Ex: Perusahaan tambang minyak, tambang besi, tambang baja, tambang aluminium, etc.
  3. Rekanan perusahaan pengolahan bahan baku menjadi barang setengah jadi.
  4. Rekanan perusahaan bahan-bahan pelengkap kendaraan bermotor. Ex: perusahaan ban, perusahaan velg, body motor, etc.
  5. Rekanan perusahaan teknologi informasi pengolahan kendaraan bermotor. Ex: perusahaan mesin berat dengan sistem komputerisasi pengolah digital software.
  6. Tenaga ahli dan profesional yang direkrut perusahaan bermotor dari dalam dan luar negeri.
  7. Transparancy selection system bagi para calon karyawan tenaga ahli hingga general operation perusahaan kendaraan bermotor.
  8. Investor penyokong dana berikut credit finance of bank.
  9. Badan atau lembaga pengelola infrastruktur dan keselamatan pengendara. Ex: Dinas perhubungan, jasa marga, jasa raharja, etc.
  10. Badan atau lembaga pengurus kepemilikan kendaraan bermotor. Kepolisian (kepengurusan BPKB, STNK, dan SIM).
  11. Dealer Agency cabang distributor, pemasaran kendaraan bermotor, berikut service center kendaraan bermotor.
  12. Media periklanan sarana publikasi dan pemasaran meliputi media cetak, elektronik, dan internet (website, email, jejaring sosial,etc).


    Makarya Diharja-Panggon Perkumpulan Mahasiswa Bakal Kondhang (Paper-Mbako)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar